Langsung ke konten utama

Cara Menanam Pohon Ketapang Di Bengkulu

Asalamualaikum Wr.Wb..

Semoga yang membaca semakin pintar yah... Amiin
Pohon tanaman ketapang merupakan tumbuhan tanaman tahunan. Pohon ini dapat dijadikan tanaman peneduh di taman ataupun halaman rumah anda. Pohon ini cocok ditanam dihalaman rumah karena daunya yang tidak terlalu mengotori halaman, kan bisa repot.
Pohon Ketapang
Daun dan Biji Ketapang

Cara membudidaya tanaman ini pun cukup mudah. Tinggal mengambil biji buah ketapang yg sudah tua atau terjatuh dari pohon lalu tanamkan kedalam polibek. Namun jika anda ingin bibit pohon yang sudah besar anda bisa mencangkok dari dahan pohon ketapang itu sendiri.
Adapun cara mencangkok yaitu :

Sediakan bahan dan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu :

  • Tanaman jambu air, jambu biji, mangga, rambutan, dsb
  • Tanah yang gembur
  • Pupuk kandang
  • Pisau atau kater yang tajam
  • Pembungkus dari plastik, sabut, atau ijuk
  • Tali rafia
  • Kantong plastik hitam (polybag).
Setelah anda sediakan bahan dan alat diatas, berikut ini cara yang benar untuk mencangkok:

  • Pilih dahan tanaman yang bergaris tengah kira-kira 2 cm. Panjang dahan kira-kira 100 cm dan dahan tumbuh tegak.
  • Sayatlah kulit cabang secara melingkar sepanjang 3-5 cm. Kulit cabang yang disayat sebaiknya berada tepat di bawah kuncup daun.
  • Keratlah kulit dahan itu dengan ujung pisau. Kikislah kambium yang mungkin masih melekat pada bagian kayu, buang lendir yang membasahinya.
  • Keringkan bagian dahan yang telah dikupas dengan membiarkannya selama 2-5 hari.
  • Bungkuslah dahan yang telah terkelupas dengan plastik, ijuk, atau sabut. Ikatlah bagian bawah lembaran pembungkus kira-kira 6 cm di bawah sayatan.
  • Masukkan tanah basah yang telah dicampur pupuk kandang ke dalam pembungkus itu.
  • Rapikan sehingga dahan yang terkelupas itu tertutup tanah seluruhnya. Ikatlah bagian atas lembaran pembungkus.
  • Jagalah tanah pada bagaian yang dicangkok agar tetap lembap. Siramlah tanah secara teratur (pagi & sore), terutama jika tidak hujan. Untuk menyiram tanah itu, bukalah ikatan atas sementara. 9. Amatilah keadaan dahan yang dicangkok saat anda menyiramnya.
  • Pertumbuhan akar yang sempurna membutuhkan waktu berbulan-bulan. Jika akar tumbuh sempurna, potonglah dahan tesebut dengan gergaji tepat di bawah pembungkus cangkokan.
  • Jangan langsung menanam cangkokan ini di kebun(tanah terbuka). Cangkokan itu lebih baik disemaikan dahulu. Untuk itu, isilah polybag dengan campuran tanah gembur dan pupuk kandang. Buatlah lubang pada bagian bawah polybag, kira-kira berdiameter 2 cm.
  • Tanamlah cangkokan di wadah persemaian (polybag) ini. Letakkan di tempat yang agak teduh. Waktu yang dibutuhkan untuk penyemaian kira-kira 3 bulan.
  • Setelah itu semaian dapat dipindahkan ke tempat yang lebih banyak mendapat cahaya matahari.
  • Akhirnya hasil semaian (cangkokan) dapat ditanam di tanah terbuka. Untuk itu, buatlah lubang sebesar ukuran semaian polybag. Tanamlah cangkokan bersama dengan tanah semaiannya.
  • Siramlah tanaman baru ini secara rutin setiap hari.
 

Semoga bermanfaat, silahkan membaca artikel-artikel yang laiinya..

Silahkan Komentar atau hubungi admin jika ada kekeliruan... 

Terima kasih atas kunjungannya...

 

      Komentar

      Posting Komentar

      Postingan populer dari blog ini

      Suzuki Skywave 125 Agun Bengkulu

                Salah satu motor matic keluaran suzuki adalah Suzuki Skywave 125. Motor dengan kapasitas 125 cc ini dari segi penampilan lumayan bagus. Dengan fitur-fitur yang tak kalah saing dikelasnya, menjadikan motor ini layak untuk dimiliki.           Adapun kelebihan-kelebihan dari suzuki skywave itu sendiri : Double shock belakang yang jarang ditemukan pada produk motor matic lainnya. Ukuran velg yang tergolong besar yaitu ring 16, lumayan membuat para rider dengan ukuran tubuh yang besar dan tinggi tidak terlalu membungkuk. Bagasi yang lumayan luas bisa membuat kita menyimpan helm bahkan barang belanjaan mama saat pergi kepasar... yang sayang mama.haha          Namun motor ini juga terdapat kekurangannya : Kampas rem motor tidak terlalu pakem, ya buat para raider yang menginginkan kepuasan dalam pengereman tentu kurang bisa memenuhi. Produk ban untuk ukuran ring 16 sangat jarang, hanya tersedia IRC sama Mizzle yang biasa ditemui dibengkel-bengkel. Shock dira

      Tempat Cat Bodi dan Service Motor serta Mobil Di Bengkulu

      Bagi anda pengguna sepeda motor yang menginginkan tampilan motor anda menjadi lebih menarik, mungkin bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengecat ulang, mengganti onderdil motor tersebut dengan yang variasi. Untuk urusan onderdil motor mungkin tidak sulit untuk didapatkan, karena sudah tersebar banyak bengkel variasi di wilayah Kota Bengkulu. Namun lain hal apabila kita ingin mengubah tampilan warna dimotor, tentu kita akan mencari tempat pengecatan bodi motor. Jika anda merupakan salah satu warga masyarakat kota yang bertempat tinggal di Provinsi Bengkulu dapat mendatangi bengkel cat motor Mas Pamungkas yang berlokasi di wilayah Perumdam II Sriwijaya dekat lapangan volly. Bengkel mas pam dapat mengerjakan pengecatan mobil dan motor dengan harga yang relatif murah. Anda bisa berkonsultasi dengan mas pam mengenai warna dan harga, karena kami menawarkan harga sesuai kualitas cat dan objek yg dikerjakan. Bengkel mas pam juga mengerjakan service motor dan mobil yang

      PGSD Universitas Bengkulu Terbaru

          Universitas Bengkulu memiliki beberapa jurusan, salah satu diantaranya Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar). Gedung kuliahnya pun terpisah dari kampus induknya yang berada di Rawa Makmur. Gedung kuliah berada di Jl.Cimanuk Km.6,5 Kota Bengkulu.      Salah satu mahasiswa yang sekarang sedang menjalani kuliah di semester 4   mengatakan bahwa berkuliah di PGSD merupakan suatu kebanggaan, selain diajarkan dengan dosen-dosen yang berkompeten dibidangnya juga materi yang diajarkan sesuai dengan kurikulum dan perkembangan zaman.   PGSD itu memiliki berbagai macam kegiatan pengembangan diri diantaranya kegiatan dibidang seni seperti seni tari, seni musik.       Diharapkan nantinya PGSD UNIB ini mampu menghasilkan lulusan-lulusan sarjana terbaiknya yang dapat diandalkan dimasyarakat.